UJI KOMPETENSI INDIVIDU LOGIKA DAN ALGORITMA PERTEMUAN 7

                                                         UJI KOMPETENSI INDIVIDU

                                                                      PERTEMUAN 7


UJI KOMPETENSI INDIVIDU

1. Algoritma diperkenalkan oleh seorang ilmuwan dari Persia yang menuliskan kitab al jabr w’al muqabala sekitar tahun 825 M. Siapakah nama ilmuwan tersebut

a. Aristoteles

b. Napoleon

c. Ibnu Musa Al Khawarizmi

d. d. Isaac Newton

e. Christoper Columbus

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

2. Bentuk informal untuk mendeskripsikan algoritma yang mengikuti struktur bahasa pemrograman tertentu adalah pengertian :

a. Algoritma

b. Flowchart

c. Pseudocode

d. Profilling

e. Debugging

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

3. Kumpulan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan suatu tugas, merupakan pengertian dari

a. Bahasa pemrograman

b. Program

c. Flowchart

d. Pseudocode

e. Bahasa Tingkat Tinggi

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

4. Dibawah ini yang merupakan Kriteria pemilihan algoritma adalah :

a. Jumlah langkah berhingga, berakhir, ada output dan testing

b. Ada model data, berakhir, semi algoritma, memiliki kriteria terbaik

c. Terstruktur, debugging, jumlah langkah berhingga, ada model

d. Ada output, jumlah langkahnya berhingga, berakhir, terstruktur, efektif dan efisien

e. Memiliki kriteria terbaik, jumlah langkah berhingga, ada output

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil

b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil

c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil

d. Algoritma – Program – Model – Eksekusi - Hasil

e. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

6. Diberikan Algoritma sebagai berikut:

Apabila warna kuning maka jadi merah. Apabila warna merah maka jadi hijau, selain warna kuning dan merah maka jadi putih. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi:

a. Ungu

b. Putih

c. Kuning

d. Hijau

e. Merah

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

7. Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 20 Kelereng. Apabila kedua kantong tersebut dibawa dan dikatakan bukan Kantong P yang dibawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :

a. 10

b. 30

c. 10 dan 20

d. Kosong

e. 10 atau 20

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

8. Diberikan algoritma:

        P=9;

        P = P+6;

        Q = P.

Berapakah Nilai P dan Q

a. 9 dan 15

b. 15 dan 9

c. 15 dan 15

d. 9 dan 0

e. 15 dan 0

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

9. Diberikan sebuah operasi perbandingan sebagai berikut: 100 > 10 Apakah hasil program python tersebut

a. True

b. False

c. 10

d. 100

e. 0

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

10. Diberikan sebuah operasi pada operator aritmatika sebagai berikut: 15 % 2. Apakah hasil program python tersebut

a. 1

b. 0

c. 7.5

d. 0

e. 7

UJI KOMPETENSI INDIVIDU 

11. Pada Flowchart berikut, jika a=8,

b=5, c=10.

Berapakah nilai d ?

a. 50

b. 40

c. 58

d. 48

e. 60

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

12. Berapakah nilai yang tercetak jika nilai yang diinput sbb:

Absen  Tugas  UTS   UAS
  70        85      90      70

a. 78,75

b. 78,25

c. 70

d. 78,95

e. 80,75

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

13. Pada Flowchart berikut, jika a=6, b=8, c= 10. Berapakah nilai d ?

a. 58

b. 56

c. 34

d. 75

e. 74

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

14. Berapakah nilai Keliling pada variabel kell yang tercetak jika r yang diinput 10.

a. 628

b. 6,28

c. 62,8

d. 314

e. 31,4

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

15. Berapa buahkah yang tercetak jika diinput gross = 10

a. 1440

b. 140

c. 14440

d. 14400

e. 1400

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

16. Diberikan Algoritma program sebagai berikut:

if x<5:

       print ("Lebih Kecil dari 5")

elif x== 5:

      print ("Sama dengan 5")

else:

      print ("Lebih Besar dari 5")

Jika variabel x = 10, maka yang tercetak adalah:

a. Lebih Kecil dari 5

b. Lebih besar dari 5

c. Sama dengan 5

d. Lebih kecil atau sama dengan 5

e. Lebih besar atau sama dengan 5

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

17. Diberikan Algoritma program sebagai berikut:

if x<5:

        print ("Lebih Kecil dari 5")

elif x== 5:

        print ("Sama dengan 5")

else:

         print ("Lebih Besar dari 5")

Jika variabel x = 5, maka yang tercetak adalah:

a. Lebih Kecil dari 5

b. Lebih besar dari 5

c. Lebih kecil atau sama dengan 5

d. Sama dengan 5

e. Lebih besar atau sama dengan 5

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

if total_belanja > 100000:

          diskon = total_belanja * 0.05

bayar = total_belanja - diskon

18. Jika total_belanja = 90000, berapakah bayar yang

tercetak pada variabel bayar diatas:

a. 90000

b. 950000

c. 105000

d. 100000

e. 0

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

PT. XYZ membayar gaji karyawan berdasarkan golongan pada tabel sbb:

Golongan      Upah Harian
     I                      90000
    II                    125000
   III                    150000

19. Struktur branching manakah yang tepat untuk menentukan golongan diatas

a. If ... else

b. If

c. If ... else if ... else

d. If ... elif ... Else

e. nested if

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

20. Flowchart atau diagram alir diatas adalah bentuk seleksi kondisi dari

a. if

b. If ... else

c. If ... elif ... else

d. case

e. nested if

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

21. Diberikan algoritma program sebagai berikut:

          for i in range(2,10,2):
                    print(i)

Nilai variabel i yang tercetak adalah:

a. 2, 4, 6, 8

b. 2, 4, 6, 8, 10

c. 2, 4, 6, 8, 10, 12

d. 0, 2, 4, 6, 8

e. 0, 2, 4, 6, 8, 10

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

22. Diberikan algoritma program sebagai berikut:

      for i in range(0,10,2)
              print(i+2)

Nilai variabel i yang tercetak adalah:

a. 2, 4, 6, 8

b. 2, 4, 6, 8, 10

c. 2, 4, 6, 8, 10, 12

d. 0, 2, 4, 6, 8

e. 0, 2, 4, 6, 8, 10

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

23. Diberikan algoritma program sebagai berikut:

           x=0
           while x<9
                   x = x + 1
                   print(x)

Nilai variabel x yang tercetak adalah:

a. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8

b. 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8

c. 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

d. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

e. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

24. Diberikan algoritma program sebagai berikut:

             jum=0
             x=0
             while x<9:
                    x = x + 1
                    jum = jum + x

            print(jum)

Nilai variabel jum yang tercetak adalah:

a. 45

b. 36

c. 55

d. 54

e. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

25. Diberikan algoritma program sebagai berikut:

               x=1
               while x<10:
                      print(x)
                      x = x + 2

Nilai variabel x yang tercetak adalah:

a. 1, 3, 5, 7, 9

b. 1, 3, 5, 7

c. 3, 5, 7, 9

d. 2, 4, 6, 8

e. 2, 4, 6, 8, 10

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

26. Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari contoh proses :

a. Iteratif

b. Transitif

c. Rekursif

d. Branching

e. Sorting

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

27. Suatu Proses yang memanggil dirinya sendiri , disebut proses :

a. Iteratif

b. Transitif

c. Rekursif

d. Branching

e. Searching

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

28. Rekursif adalah :

a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil

b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri

c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur

d. Suatu prosedur Looping

e. Suatu proses Searching

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

29. Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah piringan ke menara tujuannya adalah :

a. 2n  + 1

b. 2n - 1

c. 2n + 1

d. 2n - 1

e. 2n

UJI KOMPETENSI INDIVIDU

30. Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan banyaknya piringan ialah 4 buah , maka diperlukan pemindahan sebanyak :

a. 19 Kali

b. 18 Kali

c. 15 Kali

d. 16 Kali

e. 31 Kali

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas logika dan algoritma pertemuan 9

tugas logika dan algoritma pertemuan 5 LOOPING(Perulangan)